BANTUL – Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menggelar Klinik Skripsi guna meningkatkan kualitas dan mutu skripsi mahasiswa, khususnya Mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMY dalam menghadapi studi tahap akhir kuliah yaitu Skripsi.

Acara yang diikuti oleh 40 mahasiswa Ilmu pemerintahan ini berlangsung sejak pagi di ruang Laboratorium Komputer Ilmu Pemerintahan UMY pekan kemarin.

Koordinator Laboratorium Ilmu Pemerintahan Sakir, SIP, M.IP, menjelaskan, Klinik Skripsi sudah ada sejak tiga tahun yang lalu. Para mahasiswa Ilmu Pemerintahan membuat sebuah perkumpulan kecil dan mereka saling berbagi pemikiran, gagasan, ataupun segala sesuatu hal yang berkaitan dengan skripsi.

”Dulu mahasiswa Ilmu Pemerintahan membiayai sendiri, seperti beli snack atau sejenisnya, pada akhirnya perkumpulan ini didukung oleh kampus dan pada saat ini sudah di danai oleh kampus,” ujarnya.

Selain itu, Sakir, sapaan akrabnya, menambahkan, klinik skripsi ini memfasilitasi mahasiswa untuk tidak hanya sekadar mendapatkan referensi, buku, jurnal, dan artikel-artikel yang relevan dengan penelitiannya. Namun dapat menjadi wadah bimbingan intensif, sehingga mampu membawa skripsi tersebut ke tahap yang berkulitas.

Pada kesempatan itu pula, Ilmu Pemerintahan UMY mendatangkan pembicara dari Malaysia yakni Dosen Universitas Utara Malaysia Assoc. Prof Dr Halimah Abdul Manaf, PhD ini mengajarkan cara menulis skripsi yang baik dan juga menjelaskan lebih lengkap tentang metode skripsi yang di terapkan oleh mahasiswa agar tidak salah langkah.

Dia juga menekankan, penulisan skripsi perlu mendapat ilmu yang lanjut kepada mahasiswa bukan saja dalam Skripsi tetapi artikel dalam jurnal juga. ”Bila mahasiswa ingin publish artikel nanti, ada sesuatu yang baru ataupun unik yang boleh menjadi perhatian dari pada jurnal” ujar Halimah Abdul Manaf. (mg6/ila)