GUNUNGKIDUL – Jamaah haji asal Gunungkidul mulai tiba ke kampung halaman. Tapi belum semuanya sudah kembali. Dari total 286, dua diantaranya masih berada di tanah suci.

Panitia Penyelenggara Haji Gunungkidul Irwan Triyanto mengatakan dua jamaah haji itu adalah Agus Suryono Ratiman, 59, warga Padukuhan Kepek, Wonosari yang masih dirawat karena sakit. “Sedang Waluyo Darmo Pawiro warga Padukuhann Ngasemrejo Ngawu Playen meninggal dunia di tanah suci,” ucapnya Kamis (6/9).

Irwan menjelaskan jamaah yang sakit sebelum keberangkatan pulang ke tanah air mendapat penanganan medis. Kondisinya tidak kunjung membaik hingga jadwal kepulangan. “Hingga saat ini masih berada di Mekah untuk mendapatkan perawatan medis,” kata Irwan.

Meskipun begitu kondisi Agus masih terus dipantau petugas kesehatan haji yang berada di Makah. Ditambah satu jamaah haji yang meninggal, total jamaah haji asal Gunungkidul yang pulang berjumlah 284 orang.

Jamaah haji asal bumi Handayani tiba kamis dini hari pukul 02.45. Kedatangan para jamaah disambut oleh keluarga di Bangsal Sewokoprojo, Wonosari. Sejumlah pejabat di lingkup pemkab juga hadir, salah satunya Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi.

Dalam sambutannya, Immawan berharap para jamaah haji senantiasa menjadi haji yang mabrur dan tidak lupa dengan kewajiban dunia dan akhirat. Ibadah di tanah suci diharapkan mampu mempertebal iman dan takwa sehingga bisa ditularkan kepada yang lain.

“Apa yang diperoleh selama di sana (tanah suci) juga harus diterapkan di lingkungan masing-masing,” kata Immawan. (gun/pra/fn)