PURWOREJO – Mundur sehari dari tanggal kelahiran RA Kartini tidak menyurutkan semangat warga Dusun Kalilo, Tlogoguwo, Kaligesing, untuk mengenang semangat perjuangan tokoh emansipasi wanita itu. Tidak sekadar menggelar upacara dengan melibatkan anak-anak sekolah, panitia penyelenggara mengajak hampir seluruh lapisan masyarakat untuk mengikuti upacara seremoni berikut seluruh perangkat desa dan anggota PKK desa setempat.

Uniknya, pelaksanaan upacara dilakukan di destinasi wisata yang ada di dusun tersebut yakni Hutan Pinus Kalilo, Minggu (22/4). Kegiatan ini cukup mengundang perhatian masyarakat, tidak terkecuali pengunjung yang memang biasanya memanfaatkan waktu libur untuk menikmati keindahan wisata itu.

Perangkat Desa Tlogoguwo, Bambang Triono mengungkapkan warga Dusun Kalilo memang sengaja menggelar upacara di lokasi wisata ini. Dengan harapan bisa mendongkrat kunjungan wisatawan ke kawasan wisata yang relatif baru tersebut.

“Kami dari pemerintah desa mensuport keinginan warga untuk bisa menggelar upacara di lokasi wisata itu. Menarik bagi kami, karena mereka dalam menggelar upacara tidak sekadarnya, tapi berusaha memberikan kesan khusus di mana melibatkan hampir seluruh unsur masyarakat berbagai usia,” kata Bambang.

Dijelaskan Bambang, sebelum melaksanakan upacara, warga melakukan kirab sepanjang jalan masuk Dusun Kalilo hingga ke objek wisata. Seluruh peserta upacara mengenakan pakaian adat Jawa yang dimilikinya.

Acara semakin meriah saat digelar lomba keluwesan busana adat Jawa bagi perempuan lansia. Salah seorang peserta lomba, Tuginem, 90, mengaku senang bisa mengikuti kegiatan tersebut. Setidaknya selama hidupnya baru kali ini mengikuti peringatan Hari Kartini.

“Wong sudah tua kok disuruh lomba-lomba segala, tapi tidak apa-apa karena bareng-bareng dengan yang lain,” kata Tuginem. (udi/laz/mg1