JOGJA- Dalam rangka proses pembinaan berjenjang, Asosiasi Sekolah Sepak BDIJ akan menggelar kompetisi sepak bola kelompok umur 9 tahun (KU-9) dan KU-11. Kompetisi tersebut dijadwalkan bergulir pada awal Maret mendatang.

Ketua ASSB DIJ Gutoyo mengatakan, kompetisi tersebut sebagai kelanjutan jenjang sebelumnya yakni KU-10 dan KU-12. Jika biasanya kegiatan berformat festival, pada kompetisi kali ini akan menggunakan format liga dengan sistem setengah kompetisi.”Melihat respons dari klub-klub yang cukup banyak terhadap format kompetisi di tingkat SSB, kami berusaha untuk mengakomodasi di berbagai kategori usia,” paparnya.

Menurut pria yang juga Exco PSSI DIJ itu, dengan format tersebut pemain mendapatkan waktu bermain lebih banyak. Sebab jika menggunakan sistem festival kesempatan bermain tentu sedikit. Meskipun di sisi lain tentu menyedot anggaran yang tidak sedikit. “Kami tengah menjajaki kerja sama dengan sponsor,” bebernya.

Selanjutnya, format pada KU-10 dan KU-12 yang nantinya akan dibagi dalam dua kasta pada musim depan, baik Divisi Utama dan Divisi I, hal itu juga berlaku untuk kompetisi KU-9 dan KU-11. Tahun ini akan dilakukan proses kualifikasi penentuan divisinya.

“Ketika sudah ada peringkat masing-masing tim setelah selesai kompetisi,maka akan dibagi tim mana saja yang berhak masuk ke Divisi Utama ataupun di Divisi I,” jelasnya. (riz/din/mg1)