RADARJOGJA.CO.ID – Kepala PT Jasa Raharja DIJ RM Wahyu Widodo SH MH mengatakan, kehadiran Samsat Desa Banyurejo merupakan bagian dari merespon aspirasi para pemilik kendaraan bermotor yang ada di wilayah Kecamatan Tempel dan sekitarnya. Sehingga, para pemilik kendaraan semakin mudah dan cepat ketika akan membayar pajak dan SWDJKLLAJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Angkutan Jalan).

“Wajib pajak tidak perlu jauh-jauh datang ke Kantor Samsat Sleman yang berada di Jalan Magelang. Dengan adanya Kantor Samsat Desa ini pemilik kendaraan juga tidak perlu meninggalkan pekerjaan dengan waktu lalu. Sehingga, waktu dan biaya lebih efisien,” terang Wahyu.

Ia menambahkan, sesuai UU. Nomor 33 dan 34 Tahun 1964 bahwa tugas PT Jasa Raharja adalah menyantuni korban kecelakaan lalu lintas dan angkutan jalan. Tugas lain adalah menghimpun dana kecelakaan melalui SWDJKLLAJ dan premi melalui karci/tiket angkutan umum.

“PT Jasa Raharja juga diberikan diberikan tugas tambahan yaitu menyalurkan Dana PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) kepada masyarakat,” jelas Wahyu.

Kepala Desa Banyurejo Ruswantara menyampaian terima kasih kepada Pemprov DIJ, Polda DIJ, dan PT Jasa Raharja DIJ yang telah membuka Samsat Desa di wilayahnya. Dengan Samsat Desa ini masyarakat Banyurejo dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh datang ke Samsat Sleman yang berjarak lebih dari 15 kilo meter.

“Samsat Desa ini akan memudahkan masyarakat yang akan membayar pajak,” kata Ruswantara. (mar)