SLEMAN – Menyingkirkan wakil Jawa Timur, Persid Jember, PSS Sleman U-17 mengambil satu tempat di semifinal. Dalam pertandingan delapan besar di Stadion Maguwoharjo Sleman, Elang Muda-julukan PSS Sleman U-17 menang meyakinkan 3-1 kemarin (23/10).
Di semifinal Rabu (25/10), Pelatih PSS U-17 Lafran Pribadi berharap dukungan publik Sleman lebih besar untuk anak asuhnya. “Kami mengharapkan dukungan suporter untuk pemain muda kami sehingga lebih semangat. Sebab pertandingan selanjutnya tentu akan semakin berat,” katanya.

Persid yang menjadi lawan Nasrul Hidayat dkk memberikan perlawanan ketat. Beberapa kali peluang mereka merepotkan barisan belakang PSS. Termasuk dua peluang emas lawan yang beruntung masih diselamatkan tiang gawang.

PSS menutup jeda babak pertama dengan keunggulan 1-0. Itu setelah menit 38 Satrio Wahyu Anggana menyundul umpan Devin Perdana Putra yang menggetarkan gawang Persid yang dijaga Yulian Rahmadani.

Keluar dari ruang ganti, Persid menyamakan skor di menit52 melalui Richard Anderson. Gol tersebut menjadi satu-satunya gol Persid. Sedangkan PSS mampu menambah gol melalui sundulan Savio Sheva menit 59 dan Devin Perdana empat menit berselang.
“Permainan memang berat, tapi mereka main bagus. Anak-anak sudah kami kasih gambaran mainnya lawan dan apa yang kami instruksikan dijalankan dengan baik. Yaitu mematikan winger mereka dan main lewat tengah,” beber Lafran.

Selanjutnya PSS akan menghadapi Penajam Utama yang sebelumnya menyingkirkan wakil Jateng Persiku Kudus 4-0. “Kami belum tahu main mereka. Tapi yang jelas jika masuk 4 besar berarti tim bagus. Siapa pemain yang siap itu yang main. Semua pemain kami sama tidak ada inti atau cadangan,” tuturnya.

Kekalahan Persid membuat pelatih Fachmi Amirudin kecewa. Sebab menurutnya permainan kedua tim berjalan imbang. Hanya mental pemainnya jeblok setelah kartu merah. Menurutnya, kartu itu tidak harus keluar. Dia tegas menyatakan tidak puas kinerja wasit. “Mereka unggul setelah kami main 10 orang. Banyak pelanggaran yang seharusnya dikartu tapi tidak kartu,” tegasnya. (riz/din/ong)