GUNUNGKIDUL – Dua destinasi wisata di Gunungkidul masuk dalam nominasi destinasi wisata terbaik nasional. Oleh sebab itu, masyarakat diminta dukungannya melalui media social (medsos).

Untuk kepentingan tersebut, Bupati Gunungkidul Badingah telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) No 556/4361 tentang share dan vote destinasi wisata Gunungkidul untuk menjadi destinasi terbaik di Indonesia. “Ada dua destinasi wisata masuk dalam nominasi terbaik di Indonesia, yakni Pantai Wediombo dan Gua Jomblang,” kata Badingah kemarin (17/10).

Badingah meminta untuk membagikan informasi ini atau share dan klik vote memilih kedua destinasi tersebut. Peran serta dari lapisan masyarakat bisa dibuka melalui situs www.ayojalanjalan.com. Dengan upaya ini diharapkan ke depan wisata Gunungkidul semakin mendunia.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono mengatakan, Pantai Wediombo dan Gua Jomblang dipilih karena memiliki keunikan masing-masing. Pantai Wediombo Desa Jepitu, Girisubo, ada kolam air laut alami dan merupakan wilayah gugusan gunung api purba. Selain itu juga memiliki lokasi spot memancing yang banyak dikunjungi wisatawan.

Sedangkan Gua Jomblang merupakan gua vertikal. Untuk bisa masuk pengunjung harus menggunakan peralatan khusus yang sudah disediakan pengelola. “Gua yang terbentuk sejak jutaan tahun lalu itu di dalamnya terdapat tumbuhan purba, dan sekarang dikembangkan sebagai lokasi tempat wisata minat khusus,” kata Hary.

Lebih jauh dikatakan, sekarang pemerintah terus berupaya mengembangkan beberapa potensi wisata. Pengembangan dilakukan mulai dari pembangunan infrastrur hingga sumber daya manusia. “Terus dikembangkan dengan nafas lokal atau dalam artian menggandeng sumber daya masyarakat lokal,” ujarnya. (gun/din/ong)