BANTUL – Sampai dengan 10 laga yang dijalani, Persiba Bantul menjadi salah satu tim yang belum satu pun mencicipi manisnya kemenangan. Karena itu, menjamu Sragen United (SU) di kandang sendiri Stadion Sultan Agung (SSA) hari ini menjadi momentum untuk memecahkan telor dalam meraih kemenangan.

Saat ini Persiba Bantul berada di dasar klasemen Grup 4 dengan poin empat. Nilai tersebut, didapat dari empat kali hasil seri. Dari laga kandang yang dilakoni, Persiba gagal memanfaatkan untuk bisa mencapai hasil maksimal.

Ya, Pelatih Persiba Bantul Hidayat harus bisa mengubah citra The Reds-julukan Persiba Bantul, sebagai tim yang tak mampu meraih kemenangan pada laga kandang perdananya. Kemenangan memiliki peran yang cukup besar meski untuk bisa lolos ke babak play off dibutuhkan keajaiban. “Kondisi pemain cukup baik. Target meraih kemenangan yakin tercapai,” tegas Hidayat usai latihan kemarin (9/8) pagi.

Melawan Sragen United, eks pelatih Persiku Kudus ini diprediksi akan melakukan perubahan komposisi pada skema 4-4-2 yang diterapkan saat melawan Persis Solo. Posisi penjaga gawang yang kerap menjadi sorotan akan menjadi prioritas yang akan diubah.

Posisi Puthut Jati Purnomo yang kerap dipercaya eks pelatih Persiba Bantul sebelumnya, Purwanto kemungkinan akan digantikan oleh kiper anyar Ahmad Arya Fuad. Sementara striker Kurnia Nanda akan mendampingi Awaludin Saputra.

Hidayat berjanji menampilkan permainan menyerang pada laga kandang kali ini. Permainan bola-bola pendek yang diterapkan selama latihan diharapkan bisa diterapkan dengan baik oleh Johan Manajai cs.

Bila melihat dilaga pertama putaran pertama, The Reds sebenarnya bisa mengimbangi Sragen United yang saat itu ditangani Jaya Hartono. Bermain di Stadion Ketonggo, Persiba di bawah asuhan Purwanto kala itu mampu menahan imbang tanpa gol.”Kami akan ambil inisiatif menyerang. Namun konsentrasi pertahanan bola-bola mati juga harus diperhatikan. Jangan sampai gol seperti lawan Persis terjadi,” jelasnya.

Sragen United yang baru ditinggal pelatih kepala Jaya Hartono juga menjanjikan permainan menyerang. Carekteker pelatih Sragen United, Kahudi Wahyu mengatakan akan bermain terbuka pada laga sore nanti. Berada di zona play off, menjadi salah satu target yang ingin dicapai dari klub yang berasal dari Jawa Tengah tersebut.

Melawan tuan rumah Persiba, Kahudi mengaku timnya mewaspadai motivasi para pemain Laskar Sultan Agung yang ingin meraih kemenangan perdana. Apalagi tim kebanggaan masyarakat Bantul ini memiliki beberapa pemain anyar sehingga otomatis akan menambah kekuatan tim.

Di laga melawan Persiba sore ini, Kahudi mengaku kemungkinan timnya tidak bisa diperkuat oleh Lucky Wahyu yang mengalami cedera. Namun demikian, tim pelatih sudah menyiapkana alternatif lain untuk mengisi posisi Lucky jika yang bersangkutan memang benar-benar tidak bisa dimainkan.”Tugas memang berat, tapi kami optimistis bisa meraih poin di kandang Persiba,” tandasnya. (bhn/din/ong)