MUNGKID – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 21 Februari, Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) bersama Balai Konservasi Borobudur melakukan aksi bersih sampah di sekitar Candi Borobudur, kemarin (24/2). Aksi dimulai dari area pintu maingate menuju pelataran candi.

“Balai Konservasi Borobudur dan TWCB juga mulai merintis Jumat bersih, peduli dengan mengelola sampah di kawasan Candi Borobudur,” ujar Kepala Balai Konservasi Borobudur Maris Sutopo kemarin.
Maris mengharapkan ke depan tidak hanya melibatkan staf dan karyawan saja, melainkan juga menggandeng stakeholder untuk berpartisipasi. “Dengan adanya balkondes yang tersebar di 20 desa, diharapkan wisatawan juga dapat tersebar ke kawasan sekitar candi,” katanya.
Untuk itu, pengelolaan sampah harus benar-benar lebih diperhatikan, sehingga pada akhirnya kawasan strategis Borobudur benar-benar menjadi kawasan wisata yang bersih dan mencerminkan Sapta Pesona.
Sementara itu, Kepala Unit TWCB Chrisnamurti Adiningrum mengatakan, kegiatan bersih sampah ini tidak hanya di lakukan di dalam komplek Candi Borobudur saja. “Kami juga bersih-bersih di kawasan Pasar Borobudur bersama pihak Kecamatan Borobudur,” katanya.
Selain itu, TWCB juga mengerahkan bantuan truk sampah dan tenaga kebersihan. “Kami berharap kebersihan candi tidak hanya di dalamnya saja, melainkan juga di luar area nantinya tetap bersih dan asri,” katanya. (cr2/laz/mg1)