GUNUNGKIDUL – Warga Padukuhan Toboyo, Desa Plembutan, Kecamatan Playen dikejutkan penemuan jenazah lawas yang masih utuh. Saat warga menggali lubang kubur mereka menemukan jenazah diduga berumur puluhan tahun yang masih utuh.

Penemuan berawal dari kegiatan warga menggali kuburan Rabu (15/2) pagi. Saat menggali pada kedalaman 1,4 meter menemukan jasad terbungkus kain kafan. Jasad panjangnya dua meter. Kain kafan masih untuh dan hanya kotor terkena lumpur.
“Bagian leher terdapat balutan kain surban,” kata juru kunci makam Toboyo Wasiman.
Dia meyakini usia jenazah lebih dari 50 tahun. Sebab sebelum menggali tidak ditemukan batu nisan, hanya hamparan tanah kosong. Warga juga tidak pernah melihat atau mendengar ada orang dikubur di lokasi tersebut.
“Saya sudah tinggal di sini sejak kecil, tapi hingga saya tua tidak ada orang yang pernah dimakaman di situ. Jadi kami menyimpulkan jasad ini berusia sangat tua. Namun bentuknya masih utuh dan tidak rusak meski terkubur lama,” ujar Wasiman.
Menghidari hal-hal yang tidak diinginkan, warga berinisiatif menguburkan jasad tersebut. “Kami hanya melapisi dengan kain kafan yang baru, kemudian jasad itu dikembalikan ke tempat semula,” kata Wasiman.
Kanit Reskrim Polsek Playen Iptu Pudjijono memastikan tidak ada warga yang mengenali jasad tersebut. Sebelum dikembumikan kembali, pihaknya bersama perangkat desa mengumumkan kejadian tersebut. Namun tidak ada warga yang mengenalinya.
“Memang aneh, apalagi kain kafannya masih utuh. Berdasarkan kesepakatan, polisi tidak melakukan penyelidikan dan kembali mengubur jasad itu,” kata Pudjijono. (gun/iwa/mg1)