JOGJA – Gelaran olahraga multieventPekan Olahraga Daerah (Porda) DIJ 2017 di Bantulrencananya berlangsung 9-16 September mendatang. Namun besar kemungkinan jadwal tersebut bisa berubah mengingat jadwal Porda bentrokdengan pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2017 di Jawa Tengah, 11-21 September.

Wakil Ketua Umum (WKU) I KONI DIJ HM Zaelani mengatakan, kepastian tanggal pelaksanaan Popnas tersebut sesuai dengan surat Kemenpora RI bernomor 1.26.2/D.IV/II/2017 yang diterima Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Disdikpora DIJ dan dilayangkan ke KONI DIJ. “Kami sudah mendapatkan pemberitahuan dari BPO mengenai jadwal Popnas ini. Tapi masih lisan. Nanti akan kami bahas mengenai penjadwalan Porda setelah ada surat resmi,” ujarnya kemarin (16/2).

Menurutnya, Porda yang nantinya akan menyesuaikan dengan penyelenggaraan Popnas. SebabPorda adalah ajang olahraga berskala daerah atau provinsi, sementara Popnas berskala nasional yang kecil kemungkinan untuk dilakukan perubahan jadwal pelaksanaannya. Mengenai perubahan jadwal tersebut menurutnya akan terlebih dahulu menggelar pertemuan bersama seluruh perwakilan KONI kabupaten dan kota se-DIJ. Termasuk perwakilan Kabupaten Bantul sebagai tuan rumah.”Kalau bisa secepatnya, karena menyangkut nasib atlet dan pelatih yang nantinya harus bertanding di dua even sekaligus,” bebernya.
Kasi Olahraga BPO Disdikpora DIJ Eka Heru Prasetya mengakui jika surat dari Kemenpora terkait tanggal pelaksanaan Popnas memang sudah diterima instansinya dan dikirimkan ke KONI DIJ. Pihaknya berharap segera ada pertemuan untuk membahas penentuan tanggal tersebut. “Semoga bisa segera ada pertemuan dan langkah lanjutan karena menyangkut kepentingan atlet, pelatih dan daerah,” terangya. (riz/din/mg1)