MUNGKID – Untuk kali kedua SMAN 1 Kota Mungkid, Kabupaten Magelang siap menyambut ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Berbeda dengan sekolah lain yang sedang berupaya melengkapi sarana ujian, khususnya perangkat komputer, sekolah yang beralamat di Jalan Mayor Unus, Deyangan, Mertoyudan ini justru memilih mandiri.

“Kami siap menyediakan sedikitnya 100 unit komputer untuk UNBK,” ujar Kepala Sekolah Asep Sukendar kemarin (2/2).

Kemandirian sekolah dengan 934 siswa itu tak hanya tampak pada persiapan ujian nasional. Dalam proses pembelajaran sehari-hari, tiap siswa juga dibiasakan mandiri untuk mengukir prestasi, baik secara akademis maupun nonakademis (olahraga).

“Sekolah ini memang ada di kabupaten. Tapi kami bisa membuktikan prestasi, seingga tak kalah dengan murid sekolah di kota,” ucapnya.

Terciptanya siswa berprestasi tak lepas adanya program beasiswa dari Pemkab Magelang. Sebagaimana diketahui, Bupati Zaenal Arifin mengalokasikan dana hingga Rp 20 juta bagi setiap siswa berpresatsi. Beasiswa berlaku khusus bagi siswa dari keluarga tidak mampu. Juga sebagai pengikat siswa agar tetap menimba ilmu di sekolah yang ada di wilayah kabupaten. (cr2/yog/mg2)