RADARJOGJA.CO.ID – JOGJA – Kritik terhadap minimnya ruang terbuka hijau di Kota Jogja dijawab pasangan Haryadi Suyuti (HS) dan Heroe Poerwadi (HP) kemarin (8/1). Di tengah kegiatan mancing bareng warga RT 25/RW 07 Wirogunan, Mergangsan di Selokan Surokarsan, pasangan peserta Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Jogja 2017 itu berencana menambah ruang terbuka hijau publik (RTHP).

Menurut HP, RTHP berfungsi juga sebagai sarana pendukung membangun Jogja sebagai kota sehat. RTHP tidak harus berbentuk taman. Tapi cukup ruang terbuka. Termasuk area di dekat sungai maupun selokan. “Ke depan akan perbanyak RTHP. Sekaligus menjaga lingkungan hidup di Kota Jogja,” ujarnya.

Selain untuk resapan, lanjut HP, RTHP

bisa menjadi tempat bersosialisasi warga. Area itu bisa dimanfaatkan untuk olahraga ringan, hingga tempat rekreasi keluarga. “Di pemukiman yang padat, mereka berharap di RTHP dibangun pendopo untuk pertemuan warga. Bisa saja,” ungkap HP.

Lebih dari itu, jika terpilih sebagai pemenang pada 15 Februari mendatang, HS dan HP akan menyediakan akses internet untuk warga. Konsep itu untuk mengembangkan kampung kreatif. Dengan begitu, warga setempat bisa memanfaatkan internet gratis untuk mengembangkan usaha on line. “Kami akan pasang WiFi,” janjinya.

Saat berkampanye di selokan Surokarsan kemarin, HP juga menyempatkan untuk menebar benih ikan dan memancing bersama warga. Menurut HP, kegiatan memancing sudah menjadi ajang rekreasi warga Kota Jogja.

Kesempatan menyapa warga juga dimanfaatkan HP untuk mengajak mereka menjaga lingkungan.

Sumardi, warga Surokarsan, mengatakan, selokan yang berada di sebelah timur Sungai Code tersebut lama tidak dimanfaatkan warga. Karenanya, dia bersama warga setempat mendukung program pemerintah yang berencana membangun RTHP di area tersebut. “Sekaligus bisa sebagai ajang silaturahmi warga,” katanya. (pra/yog/ong)