RADARJOGJA.CO.ID – JOGJA – Seorang pria berprofesi sebagai debt collector dibekuk jajaran Satuan Reserse Narkoba Polresta Jogjakarta. Dia kedapatan menyimpan sabu-sabu di dalam mobilnya. Pria bernisial RB, 26, warga Bogor, Jawa Barat dibekuk di Jalan Wates, Gamping setelah melakukan perjalanan dari Jakarta.

Kasat Resnarkoba Polresta Jogjakarta Kompol Sugeng Riyadi menyebut, tersangka dari Jakarta untuk keperluan membeli sabu-sabu. Berdasarkan pengakuan tersangka, barang haram itu akan digunakan untuk konsumsi pribadi.

Dari tangan tersangka, diamankan dua plastik kecil berisi serbuk putih diduga sabu dengan berat masing-masing 0,9 gram dan 0,33 gram. “Barang itu dibeli dari seseorang dengan cara bertemu langsung di sebuah SPBU di Jakarta,” kata Sugeng, kemarin (28/12).

Meski bertemu langsung, tersangka mengaku tidak mengenali bandar yang menjual sabu kepadanya tersebut.

Ketika ditangkap, tersangka dalam perjalanan pulang ke rumah kontrakan di kawasan Seturan, Depok, Sleman. Selain serbuk putih berisi sabu, petugas yang menyanggongi tersangka di pintu masuk DIJ juga mendapati satu plastik berisi empat butir pil yang diduga ekstasi.

Penggeledahan dan pemeriksaan dilanjutkan di rumah kontrakan tersangka. Petugas menemukan sejumlah alat yang digunakan untuk menghisap sabu. “Dari tes yang urine tersangka positif mengandung methapethamine dan ampethamine,” jelasnya.

Sedangkan barang bukti yang diamankan, kini tengah dalam pengujian lab untuk mendapatkan kepastian sebagai narkoba. Kepada penyidik, tersangka mengakui sudah lama menjadi pecandu narkoba. Narkoba yang dibeli secaara langsung hanya untuk dikonsumsi sendiri di rumah kontrakannya. “Tersangka ini merupakan pemakai lama,” jelasnya.

Karena sudah menjadi pemakai lama, penyidik berharap bisa mendapatkan bandar yang menjadi pemasok sabu kepada tersangka. “Kami akan telusuri tersangka dari Jakarta. Siapa tahu juga ada pemasok yang dari Jogja,” jelasnya. (bhn/ila/ong)