GUNUNGKIDUL – Warga miskin penerima bantuan keuangan bolak-balik menanyakan kapan pencairan dilakukan. Mereka mendatangi Kantor Pos Wonosari sebagai lokasi pembagian bantuan.

Data dari Kantor Pos Wonosari, ada tiga program bantuan keuangan yang pencairannya sudah ditunggu-tunggu. Yakni program keluarga harapan (PKH), asistensi sosial lanjut usia terlantar (Aslut), dan program kartu keluarga sejahtera (KKS).

Jumlah penerima PKH sekitar 6.458 orang. Besaran bantuan menyesuaikan jumlah jiwa dalam keluarga. Anggaran diberikan tiga bulan sekali. Warga yang menjadi sarsan PKH merupakan keluarga miskin yang memiliki komponen ibu, bayi, balita, anak sekolah hingga SMA dan anak disabilitas.

“Informasinya, program PKH pencairan dilakukan bulan depan,” kata Kepala Kantor Pos Wonosari Trihadi kemarin (20/9).

Program Aslut pencairan berlangsung setiap tiga bulan Rp 800 ribu per orang. Program ini lumayan berjalan lancar karena kartu penerima sudah terdistribusikan. “Tinggal pencairan,” kata Trihadi.

Sedangkan Program KKS belum cair sama sekali. Padahal kartunya sudah didistribusikan. Jumlahnya berbeda dengan tahun sebelumnya. Jumlah penerimanya 60.000 orang.

Manajer Pelayanan Jasa Keuangan Kantor Pos Wonosari Fauzan Dahlan mengatakan keterlambatan pencairan membuat banyak warga kecele. Tidak sedikit calon penerima sasaran datang ke kantor pos untuk bertanya realisasi pencairan. “Namun karena memang belum cair, ya kami sampaikan apa adanya,” kata Fauzan.

Kepala Dinsosnakertrans Gunungkidul Dwi Warna mengatakan kartu program bantuan sudah sidistribusikan. “Namun untuk pencairan kami tidak tahu kapan karena langsung dari pusat,” kata Dwi. (gun/iwa/ong)