SLEMAN – Sebanyak 106 narapidana di Lambaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sleman menerima remis umum (RU) dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia kemarin (17/8). Penyerahan remisi umum dilakukan oleh Bupati Sleman Sri Purnomo.

Kepala Lapas Kelas IIB Sleman Turyanto mengatakan, dari 280 narapidan dan tahanan, sebanyak 99 narpida mendapatkan RU 1 atau pengurangan masa tahanan. Sementara itu tujuh orang narapidana bisa bebas.

“Yang kami ajukan untuk bebas sebenarnya ada 15 napi, namun ternyat delapan narapidana sudah diputuskan mendapatkan bebas bersyarat sebelum RU diajukan,” jelas Turyanto.

Dia menjelaskan pengajuan remisi berkait dengan HUT kemerdekaan RI. Harapannya, napi yang mendapakan pengurangan remisi untuk terus menjaga sikap di dalam lapas.

Sementara itu Sri Purnomo memberikan ucapan selamat kepada penerima remisi yang sudah bisa menghirup udara di luar Lapas. Bupati berpesan, kepada mereka yang sudah bebas untuk terus meningkatkan keimanan.

“Bagi yang belum untuk terus bersabar. Perbaik diri, karena remisi merupakan hak dari penghuni lapas yang bisa diterima setiap tahun,” terangnya. (bhn/ong)