BANTUL – Waspadalah jika berkendara ke arah selatan, tepatnya di Jalan Parangtritis, Bantul pada hari ini, Sabtu (26/3). Situasi lalu lintas diprediksi krodit dan macet. Ya, itu karena hari ini merupakan puncak perhelatan Jogja Air Show (JAS) 2016 yang diselenggarakan di kawasan Pantai Parangtritis, Parangkusumo, dan Depok. Puluhan ribu wisatawan diperkirakan bakal membanjiri destinasi wisata pantai selatan itu.

Kasatlantas Polres Bantul AKP Supriyantoro memprediksi, penumpukan kendaraan pengunjung JAS bakal menumpuk di area tempat pemungutan retribusi (TPR). Guna mengantisipasi kemacetan akan diterapkan rekayasa lalu lintas di sejumlah titik. Arus kendaraan di Jalan Parangtritis akan dibuat serarah setelah memasuki TPR.

“Traffic light di simpang tiga maupun simpang empat dinonfungsikan sementara. Arus kendaraan difokuskan ke arah utara dan selatan,” jelasnya kemarin (25/3).

Dalam rekayasa lalu lintas, Satlantas dibantu aparat Dinas Perhubungan dan Satpol PP Bantul. “Rekayasa seperti ini persis saat libur panjang hari raya Idul Fitri,” sambungnya.

Konsekuensi atas penerapan rekayasa lalu lintas, kendaraan dari arah timur, akan dibelokkan ke selatan di setiap persimpangan jalan. Sebaliknya, kendaraan dari arah barat diarahkan ke utara.

Kendaraan dari utara nggak boleh langsung masuk ke Pantai Depok,” jelas perwira pertama Polri itu. Skenarionya, seluruh kendaraan diarahkan masuk melalui TPR Parangtritis. Kemudian, berbelok menuju kawasan Pantai Depok melewati Pantai Parangkusumo. Jalur utama menuju Pantai Depok dijadikan tempat keluar kendaraan.

Supriyantoro mengklaim, model rekayasa seperti itu paling efektif untuk memperlancar arus lalu lintas. Kendati demikian, petugas tetap punya rencana cadangan. Dengan memfungsikan jalur alternatif. Langkah itu diambil jika penumpukan kendaraan tampak di simpang empat Druwo.

“Arus dari utara kami pecah. Sebagian diarahkan masuk ke wilayah Seloharjo, Pundong. Dan keluar di selatan jembatan Kretek,” urainya.

Sebaliknya, sebagian kendaraan dari arah selatan diarahkan masuk ke Bantul kota melalui simpang empat Ngangkruksari. “Kami all out untuk turut menyukseskan puncak JAS 2016,” ujarnya.

Tak hanya polres, seluruh personel polsek di sepanjang Jalan Parangtritis juga dikerahkan. Meliputi Sewon, Bantul, Jetis, Bambanglipuro, Pundong, dan Kretek.

Kepala Dinas Perhubungan Bantul Suwito menambahkan, rekayasa lalu lintas kali ini merupakan hasil penyempurnaan dari evaluasi penyelenggaraan JAS pada tahun-tahun sebelumnya.

Penataan parkir tak luput dari perhatiannya. Kantong parkir di sekitar runway hanya akan dipusatkan di Pantai Parangkusumo dan Depok. Agar jalur utama di sekitar runway yang menjadi tempat take off dan landing pesawat swayasa dan trike steril dari kendaraan parkir.

“Dulu, sekitar runway biasanya macet karena banyak yang parkir sembarangan,” ungkapnya.(zam/ong)