BUDI AGUNG/RADAR JOGJA
APRESIASI : Bupati Agus Bastian mengamati kemasan produk dari penyandang disabilitas dalam kegiatan pelunasan PBB di halaman Kecamatan Kaligesing akhir pekan lalu.
PURWOREJO-Kaum perempuan di Kecamatan Kaligesing menjadi faktor penentu keberhasilan percepatan pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2016. Dalam beberapa tahun terakhir, prestasi ini tidak tergoyahkan.

Bertepatan dengan tanggal lahir Wage Rudolf Supratman, akhir pekan lalu, perayaan pelunasan ditandai dengan jalan sehat. Bupati Purworejo Agus Bastian ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

Camat Kaligesing Budi Wibowo mengatakan, wilayahnya yang terdiri dari 21 desa telah berhasil lunas 100 persen pembayaran PBB sejak 17 Maret. Ketepatan pembayaran itu tidak terlepas dari
peran serta masyarakat, terutama para kepala desa untuk mengkoordinasi di tingkat desa. Adapun target perolehan PBB di Kaligesing mencapai Rp 421.535.365. “Yang tidak kalah vital adalah peran kaum wanita yang selama ini menabung untuk membayar PBB ini,” ujar Budi Wibowo.

Agus Bastian mengapresiasi warga Kaligesing yang bisa menjaga prestasinya menjadi yang pertama dalam pelunasan PBB. Dia juga mengapresiasi,
peran dasa wisma untuk mengelola tabungan mandiri yang dikhususkan bagi PBB. “Kegiatan positif ini saya harapkan tidak hanya di Kaligesing, tapi juga dicontoh kecamatan-kecamatan lain di Purworejo,” katanya.

Menurutnya, berbagai program pembangunan membutuhkanpendanaan yang tidak sedikit. Dan sektor pajak merupakan salah satu penyumbang pendapatan bagi Negara. Tidak terkecuali Purworejo. Pajak bumi dan bangunan juga memiliki peran strategis dan menjadi salah satu pendanaan pembangunan. “Kami berharap, kesadaran
membayar pajak ini terus ditingkatkan,” harapnya. (cr2/din/ong)