Gunawan/Radar Jogja
MUSIBAH : Petugas damkar berjuang memadamkan mobil L300 yang terbakar di depan pasar Argosari Wonosari, kemarin (4/2)

GUNUNGKIDUL– Warga di pusat kota Wonosari mendadak gempar. Sebuah kendaraan roda empat Mitsubishi L300 bernopol AB 1806 ED terbakar di depan pasar tradisional terbesar di Kabupaten Gunungkidul kemarin siang (4/2).

Informasi yang dihimpun, kendaraan yang terbakar di Jalan Brigjen Katamso tersebut milik warga Klayar, Kedungpoh, Nglipar, Ngatiyo,55. Begitu mengetahui mobilnya terbakar, Ngatiyo berusaha memadamkan titik api. Ia juga tidak mengalami luka bakar serius. Badan kendaraan juga tak terbakar total, lantaran kerja keras warga dan regu pemadam kebakaran (damkar).

Kejadian berawal saat korban sekitar pukul 09.40 berencana pulang usai berbelanja di Pasar Argosari, Wonosari. Mobil L300 warna biru tua yang dikendarai meluncur ke arah Timur. Baru melaju sekitar 100 meter, mendadak dari arah bawah tempat duduk sopir muncul kepulan asap. Dengan cepat kepulan asap membesar dan muncul titik api hingga membakar bagian jok mobil.

Melihat kejadian tersebut, warga sekitar berupaya membantu korban memadamkan api. Sebagian lainnya menghubungi regu pemadam kebakaran. Di tengah masyarakat berjuang mematikan api, unit damkar tiba dengan membawa 1 unit mobil dan 1 regu pemadam.

Dalam tempo cepat titik api disembur dengan guyuran air. Kepulan asap tebal yang muncul perlahan memadamkan api. Korban dibantu warga mencari tempat istirahat untuk menenangkan diri.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Sopir sempat mengalami luka bakar, tetapi tidak serius,” kata Kepala Unit Damkar Gunungkidul Diyono.

Diono menduga, kebakaran mobil disebabkan percikan api dari pengapian yang menyambar karburasi mobil. Kemungkinan besar terjadi kerusakan di mesin dan bagian dalam interior mobil. “Kami bersyukur tidak ada korban jiwa dan mobil masih terlihat utuh,” katanya.(gun/hes/ong)