POLDA DIJ FOR RADAR JOGJA
TEKNIK BICARA: Praktik berbicara di depan publik oleh peserta pelatihan public speaking yang diadakan di Polda DIJ, kemarin (21/5)SLEMAN – Mendukung implementasi kebijakan pimpinan Polri untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat, Polri mengintensifkan sosialisasi dan publikasi kinerja guna memperoleh dukungan dan partisipasi internal maupun eksternal. Caranya dengan memerankan fungsi humas melalui public speaking sebagai front office Polri.
Berangkat dari situ, Polda DIJ melaksanakan pelatihan public speaking bagi anggota yang diikuti oleh 321 personel, kemarin (21/5). Terdiri dari Satker Mapolda, Polres, Polsek, Kasat Binmas, Kanit Binmas, Negosiator Dit Sabhara dan seluruh Kapolsek.
“Penyampaian informasi harus dilaksanakan dengan teknik yang baik dan benar, oleh karena itu Polda DIJ melaksanakan pelatihan public speaking,” ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat AKBP Anny Pudjiastuti.
Dijelaskan, sejalan dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat dan kondisi masyarakat saat ini, Polri dituntut untuk semakin profesional dan mampu untuk menghadapi segala tantangan. Salah satunya dengan mengembangkan diri melalui pendidikan dan pelatihan baik yang dilaksanakan secara terpusat maupun kewilayahan.
“Dengan diberlakukannya UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang memerintahkan setiap badan publik untuk membuka akses bagi setiap pemohon informasi publik. Maka mendorong Polri untuk selalu transparan dan akuntabel dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat,” terangnya.
Dalam pelatihan kemarin diisi oleh Trainer Public Speaking Ninda Nindiani dan CEO Quantum Herman Doni. Mereka menyampaikan pengertian keterampilan berbicara yakni seni untuk berbicara kepada orang lain, serta teknis berbicara agar menarik perhatian lawan bicara. (ila/ong)