ZAKKI MUBAROK/RADAR JOGJA
LEBIH MUDAH: Bupati Bantul Sri Surya Widati saat menyampaikan SPT tahunannya melalui e-filing dari ruang kerjanya kemarin (27/3).
BANTUL – Mulai sekarang, para wajib pajak tidak perlu lagi repot-repot datang ke kantor pajak pratama (KPP). Melalui fasilitas e-filing, wajib pajak dapat menyampaikan surat pemberitahuan (SPT) dari jarak jauh. Ini seperti yang dilakukan Bupati Bantul Sri Surya Widati.Ya, kemarin (27/3) orang nomor satu di Bantul ini menyampaikan SPT tahunan dari ruang kerjanya. “Simpel dan mudah,” terang Ida usai menyampaikan SPT tahunannya melalui e-filing.
Fasilitas e-filing, kata Ida, sangat mem-bantu dan mempermudah wajib pajak. Terutama wajib pajak yang mempunyai mobilitas tinggi. Sebab, dengan fasilitas ini wajib pajak tidak perlu mengantre untuk menyampaikan SPT tahunannya ke KPP. “Ini kan hanya menyampaikan laporan saja karena pajak sudah dipotong setiap bulannya,” ujarnya.
Karena itu, Ida pun mengimbau kepada pegawai negeri sipil di lingkungan pemkab dan masyarakat Bantul melaporkan SPT tahunan maksimal pada tanggal 31 Maret nanti.Kepala KPP Bantul Josephine M Winiek W menegaskan, tahun ini KPP punya mematok target Rp 724 miliar. Target perolehan pajak ini lebih tinggi dibanding tahun lalu yang mencapai Rp 559 miliar. Meskipun realisasinya hanya mampu menembus Rp 504 miliar. Nah, untuk mewujudkan target KPP mulai tahun ini menerapkan penyampaian SPT tahunan melalui fasilitas e-filing. “Cukup dengan membuka website www.djponline.pajak.go.id. Ini bisa diakses 24 jam,” urainya.
Hanya saja, bagi wajib pajak yang ingin mengakses dan menikmati fasilitas e-filing wajib pajak terlebih dahulu harus meminta user ID ke KPP terdekat. Dia menambahkan, hanya wajib dengan penghasilan Rp 60 juta ke bawah yang dapat menggunakan fasilitas e-filing ini. (zam/din/ong)