ZAKKI MUBAROK/RADAR JOGJA

KOMITMEN:Pemilik Galaxy Water Park Ratna Andriani dan Kepala Cabang Jasa Raharja Putera DIJ Tatag Swasana usai penandatanganan kesepakatan kemarin (24/12).

BANGUNTAPAN – Guna memberikan jaminan perlindungan kepada para pengunjungnya, manajemen Galaxy Water Park meneken kerja sama dengan Jasa Raharja Putera, kemarin (24/12). Nantinya setiap karcis tanda masuk sekaligus tercantum pula jaminan asu-ransi bagi setiap pengunjung. “Setiap tempat wisata harus ada perlindungan di dalamnya. Saya concernt atas hal itu,” terang pemilik Galaxy Water Park Ratna Andriani.
Menurutnya, sarana objek wisata air yang terletak di Jalan Wonosari Baturetno, Banguntapan ini memang baru dilaunching pada 9 Desember lalu. Tetapi, seiring ke-inginan untuk memberikan rasa aman bagi pengunjung, manajemen langsung buru-buru memberikan jaminan asu-ransi. “Ini bagian dari komitmen kami. Para pengunjung selama dua pekan ini juga cukup banyak,” ujarnya.Kepala Cabang Jasa Raharja Putera DIJ Tatag Swasana mengatakan, fasilitas berupa pemberian jaminan asuransi bagi konsumen sudah menjadi kewa-jiban. Ketentuan ini diatur dalam Undang-undang No.9/1999 tentang Perlindungan Konsumen. Untuk itu, setiap perusahaan maupun objek pariwisata wajib memberikan jaminan asuransi kepada para konsumennya. “Jaminan ini untuk memberikan rasa aman para pengunjung,” jelasnya.
Dengan adanya jaminan ini, konsumen atau para pengunjung bakal mendapat-kan asuransi jika mengalami kecelakaan. Bagi pengunjung yang meninggal dunia bakal mendapatkan santunan sebesar Rp 5 juta, cacat tetap Rp 4 juta, dan biaya perawatan Rp 1 juta. “Hampir seluruh objek pariwisata milik pemkab se-DIJ memberikan kepercayaan kepada kami untuk mengkaver asuransinya,” tambah-nya. (zam/din/ong)