Cross X untuk Para Penjelajah

JOGJA – Motor trail memiliki segmen tersendiri bahkan pangsa pasarnya cukup potensial. Tak heran jika produsen motor akhir-nya melirik segmen ini, salah satunya Viar Motor Indonesia.Dengan menggagas program Viar Jelajah Indonesia 2014 meng-gunakan Viar Trail Adventure seri terbaru Cross X, ingin mem-perkenalkan produk ini ke masya-rakat luas. Seiring dengan penam-bahan pilihan dan performa, Viar juga resmi mengemas ubahan tipe trail adventure.
Deputy Director Marketing Via Mo-tor Indonesia Akhmad Zafitra Dalie menjelaskan Trail Viar Cross X me-miliki mesin 200 cc dengan empat langkah SOHC. Serta memiliki di-mensi panjang 2065, lebar 760 dan ttinggi 1115 mm. Dengan kompo-sisi tersebut sangat pas dengan kon-tur tubuh pengendara Indonesia. “Peluncuran produk tersebut didasarkan pada peluang yang cukup besar pada segmen hobi, bertualang dan berbagai kegunaan. Dimana masih banyak orang yang membutuhkan kendaraan roda dua untuk segala tujuan khususnya di daerah ekstrem,” kata Akhmad ke-pada wartawan, Selasa (21/10).
Dia menjelaskan produk Cross X 200 selain irit, handling-nya pun sangat mudah. Bahkan pada gigi lima, percepatan dengan pelat ko pling majemuk dirasa mampu menaklukan lintasan off-road dan on-road.Viar Cross X dibanderol dengan harga Rp 18 jutaan dan berga-ransi tiga tahun. Motor tersebut diharapkan bisa memenuhi seg-men masyarakat penyuka petualangan dengan menggunakan trail. Selain engine 200 cc dengan ke-kuatan yang lebih bertenaga, Viar Cross X juga didukung dengan shock breaker upside down, rem cakram depan belakang dengan sistem ABS serta model yang stylist dan terbaru dikelasnya.
Akhmad mengklaim Viar Cross X merupakan motor paling eko-nomis dan terjangkau dikelasnya. Meski memiliki segmen khusus, pihaknya melihat peluang untuk berkompetisi dikelas tersebut. “Belum ada satupun ATPM yang berani mengeluarkan motor dengan harga Rp 18 jutaan,” jelasnya.Dia mengatakan selain garansi tiga tahun, pihaknya juga menjamin gratis servis tiga bulan.Mesin juga digaransi tiga tahun, baik dari suku cadang mesin yang terkecil bahkan sampai mesin secara keseluruhan.
Menurutnya Viar saat ini telah memiliki spare part tersendiri di atas 90 persen dengan nama Viar Ge-nuine Part (VGP). Bahkan kompo-nennya sudah mencapai empat ribu buah yang sudah didistribusi-kan di seluruh jaringan diler yang jumlahnya mencapai 500 unit. “Bah-kan pemesanan spare part bisa dilakukan secara online,” terangnya.
Untuk peluncuran produk Viar Cross X sendiri dilakukan secara bertahap di seluruh Indonesia dengan melakukan program-pro-gram touring komunitas. Seperti Jelajah Negeri dan beberapa pe-tualangan komunitas Viar. Bahkan pada 18 dan 19 Oktober lalu, Viar menggelar Viar Jelajah Indonesia dengan etape Jakarta-Atambua.
Marketing and After Sales Division Muncul Group Santoso Budiawan menjelaskan penjualan Viar untuk wilayah Jawa Tengah dan DIJ di-peroleh di seluruh jaringan resmi Muncul Group. Sedangkan khusus untuk program Viar Jelajah Indo-nesia Etape 2 merupakan kelanjutan dari Viar Jelajah Indonesia 1 dengan rute Sumatera. Touring kali ini di-kemas sedikit ekstrem dengan me-nembus medan-medan yang me-nantang seperti pegunungan, sungai dan pantai. (bhn/ila/ong)