DWI AGUS/RADAR JOGJA

< 5 CM: Untuk melihat karya-karya Jupri Abdullah, pengunjung pun disediakan lup atau kaca pembesar.

Usung Gus Dur hingga Jokowi-JK

BANTUL – Kreativitas seniman dalam berkarya tidak pernah mengalami surut. Seperti yang dilakukan pelukis senior Jupri Abdullah dalam pamerannya di Tembi Rumah Budaya. Pa-meran kali ini pun mengusung ciri khas Jupri, yaitu menyajikan karya lukisan yang supermini
Bertajuk < 5 CM pameran ini menyajikan puluhan karya in-dahnya. Media yang digunakan tidak hanya kanvas, sebuah cincin giok hingga sisik ikan pun mene-mani pameran kali ini. Berkat ketelatenannya, Jupri pun meraih beberapa kali penghargaan dari Museum Rekor Indonesia. “Memulai dunia lukis mini di tahun 2002 tentu dengan se-gudang kendala. Pertama ada-lah bagaimana melukis di me-dia kecil dengan alat yang kecil pula. Pencarian ini tidaklah mudah, hingga akhirnya ter cetus menggunakan potongan ram-but,” kata Jupri (21/10).
Diakui Jupri, menggunakan rambut tidaklah sempurna untuk berkarya. Meski begitu dirinya berhasil menyelesaikan karya pertamanya ini selama tiga bulan. Karya bertuliskan kaligrafi Basmalah inilah yang melambungkan namanya.Bahkan berkat lukisan berukuran 0,5×0,5cm mampu mengantarkan meraih piagam MURI pertamanya di tahun 2003. Dalam pamerannya kali ini Jupri hadir dengan karya yang lebih mini. Seperti lafal Allah pada sisik ikan yang ber-ukuran 0,2×0,2 cm.
Untuk melihat karya ini memer-lukan alat bantu khusus. Bahkan jika dibandingkan, karya ini hanya seukuran ujung jari manusia. Meski begitu karyanya ini tetap bisa dinikmati meski harus me-lihat dengan sangat teliti. “Karya ini tahun 2011 dengan menggunakan media sisik ikan. Memerlukan ketelitian kesa-baran untuk menghasilkan karya ini. Tapi inilah tantan-gannya, untuk berkarya dengan konsep yang out of the box,” kata Seniman kelahiran Pa-suruan 23 Februari 1963 ini.
Untuk pamerannya kali ini Jupri tidak hanya memajang karya-karya lawasnya. Beberapa karya baru tahun 2014 pun turut dihadirkan dalam pameran ini. Sebut saja sosok Jokowi dan Jusuf Kalla, ada pula Kapolri Jenderal Pol Sutarman dan Panglima TNI Jenderal Moeldoko.Selain itu tokoh-tokoh politik dan insipratif juga diusung Jupri dalam pameran ini. Seperti mantan presiden Gus Dur dan Megawati. Raja Keraton Jogjakarta Sri Sultan HB X hadir dalam lukisan berukuran 4x 3 cm. Adapula maestro pelukis almarhum Affandi.
Namun dari semua tokoh ini, Jupri sangat menonjolkan so-sok Jokowi. Dari seluruh ka-ryanya ini sosok Jokowi hadir dalam lima karyanya. Jupri beralasan ini sebagai bentuk apresiasi dan rasa bangga atas terpilihnya Jokowi sebagai presiden RI ke-7. (dwi/laz/ong)