RIETQI SURYAWAN/RADAR JOGJA

GLADI RESIK:Akmil bersiap menerima kedatangan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono yang akan meresmikan Museum “Paviliun 5 Tempat Taruna Ditempa Menjadi Pemimpin yang Teruji” di Kompleks Akmil.

MAGELANG – Tidak hanya Jogja, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga ke Magelang, jelang berakhir masa jabatannya 20 Oktober mendatang.Kepala negara akan bernostalgia ke Akademi Militer (Akmil), tempat mengenyam pendidikan. Di Akmil Magelang, SBY pernah mengenyam pen-didikan militernya, dari 1970-1973.
Salah satu agenda SBY adalah meresmikan museum yang bakal diberi nama “Paviliun 5 Tempat Taruna Ditempa Menjadi Pemimpin yang Teruji” di Kompleks Akmil. Paviliun ini menjadi tempat tinggal saat SBY menjadi Komandan Divisi Korps Taruna, yang sekarang lebih dikenal sebagai Komandan Resimen Korps Taruna. Dalam kamar tersebut, SBY tinggal bersama salah satu rekannya.Paviliun ini sebenarnya terdiri dari dua ruangan. Yaitu, Ruang 5A dan 5B, plus satu kamar mandi. SBY tinggal di Paviliun 5A. “SBY merupakan taruna terbaik pada 1973. Beliau juga Komandan Divisi Korps Taruna
Jadi, beliau berhak menempati paviliun tersebut, yang kini akan dijadikan Museum Paviliun 5,” kata Kapenhumas Akmil Letkol CAJ Drs Suprayitno Med di-dampingi Kaur Penpas Penhumas Kapten Mulyono, kemarin (16/10).Dalam museum tersebut, ter-lihat beberapa foto-foto dan benda-benda semasa SBY me-ngenyam pendidikan di Akmil. Di antaranya, meja belajar, gan-tungan, kertas, dan lainnya. Ada juga sepeda onthel tua dan foto-foto SBY bersama Ibu Negara Ani Yudhoyono semasa masih muda.
“Intinya, kami ingin pamerkan peralatan taruna pada saat itu, yang bisa mengantar Pak SBY menjadi pemimpin bangsa,” paparnya.Dari pantuan dalam beberapa hari ini, segala persiapan di-lakukan petugas untuk me-nyambut kedatangan rombong-an SBY. Mulai dari pemasangan bendera umbul-umbul di kom-pleks Akmil, tenda, serta tampak petugas keamanan dari Polri maupun TNI yang berjaga-jaga di sekitar Akmil dan jalan-jalan protokol di kabupaten dan Kota Magelang.
Rencananya, SBY didampingi Ani Yudhoyono dijadwalkan tiba di Akmil pukul 06.30. ia akan memberikan pengarahan dan silaturahmi pada jajaran TNI Kodam IV/Diponegoro di Stadion Sapta Marga Akmil. “Beliau (SBY) memberikan pengarahan pada 11 ribu pra-jurit Kodam IV/Diponegoro sekaligus mungkin juga pamitan sebagai presiden,” jelas Mulyono, Kamis (16/10).
Pada kesempatan tersebut, rencananya SBY bermain mar-ching band bersama kelompok marching band kebanggaan Akmil, Genderang Seruling Canka Lokananta serta sejumlah jenderal dan mantan jenderal yang pernah menimba ilmu di lembah butkit Tidar. “Beliau akan bermain marching band bersama sejumlah jende-ral dana mantan jenderal,” kata Mulyono, tanpa merinci siapa saja para jenderal dan mantan jenderal yang dimaksud. (dem/hes/ong)