illustrasi

Kolaborasi Pameran Produk Daerah dan Gadget

JOGJA – Dalam rangka mening-katkan dan memperluas pasar produk UKM daerah, Dinas Per-industrian, Perdagangan, Kope-rasi dan UKM DIJ kembali meng-gelar JOGJA TRADE EXPO 2014 ke-19 bertajuk Indonesia Kreatif. Bertempat di Jogja Expo Center (JEC) tanggal 15 sampai 19 Okto-ber mendatang.Berbeda dengan gelaran sebe-lumnya, pameran kali ini didesain dengan mengkolaborasi bebera-pa produk kreatif daerah seperti kerajinan, aksesori, furnitur, ma-kanan, minuman dan produk edukatif dengan pameran Gadget IT dan Digital Printing. Pemilik Interpro Event Promo-tion Syamsun Hasani mengatakan adanya kolaborasi ini adalah upaya untuk memberikan warna dalam pameran produk daerah yang seringkali terkesan monoton men-jadi lebih meriah.
“Diakui atau tidak, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir tren pengunjung seperti pada pame-ran daerah dan produk kreatif ini semakin menurun. Untuk itu, biar makin ramai kami mencoba menyisipkan pameran gadget dan IT,” terangnya, Senin (13/10). Syamsun menambahkan pameran kali ini merupakan pameran kolaborasi pertama di Jogja. Karena mencoba mem-pertemukan antara pengusaha, perajin, seniman, dan konsu-men. “Saya berharap imbas dari pameran ini tidak hanya transaksi retail tapi juga whole-sale. Atau yang lebih tinggi, kontrak bisnis,” jelasnya.
Jika dibanding pada pameran sebelumnya, target pengunjung yang akan dicapai pada pameran tahun ini adalah 30.000. Jumlah tersebut tiga kali lipat target pa-meran sebelumnya. “Kalau tahun lalu cuma tujuh ribu, tapi berhu-bung pameran kali ini adalah kolaborasi dan didukung dengan pameran IT jadi jumlahnya tentu saja meningkat,” katanya.
Nantinya, pameran ini akan diisi oleh 110 stan Produk Pame-ran Daerah terdiri dari 14 pro-vinsi di Indonesia dengan 43 kota dan kabupaten. Di antaranya Desperindagkop Kota Jogja, Ku-lonprogo, Papua Barat, Sumatera Barat, Jawa Barat, Sumba Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, Padang Pariaman dan Desperindag Provinsi Bangka Belitung. Tak ketinggalan, acara ini juga mengundang para buyers dari 52 negara. Di antaranya yang sudah menyampaikan konfir-masi seperti dari Malaysia, Singapura, India, Suriname, Be-landa, Spanyol, Amerika Serikat, dan Jepang. “Yang lainnya baru menunggu konfirmasi. Semoga pada hari H semuanya bisa ha-dir,” kata Syamsun. (cr/ila/jiong)