JOGJA – Kabar baik bagi civitas akademika PTS UPN Veteran Jogja. Menyusul akan berubahnya status menjadi Perguruaan Tinggi Negeri (PTN), maka seluruh hal yang ada di lingkungan UPN Veteran Jogja seperti kepegawaian, aset, keuangan, dan lain, akan diubah statusnya.
“Secara berkala, semua aset milik yayasan akan diserahkan ke UPN,” kata Rektor UPN Veteran Jogja Sari Bahagiarti kepada wartawan kemarin.
Sari juga berjanji akan mengupayakan seluruh karyawan dan dosen UPN Veteran Jogja diangkat sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS), baik itu yang berstatus tenaga kontrak maupun pegawai tetap yayasan (PTY).
“Bagi yang memenuhi syarat, pegawai yayasan secara bertahap akan diusulkan sebagai CPNS atau pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K), dan pegawai tetap non-PNS,” terang Sari.
Dipastikan bahwa perubahan status UPN Veteran Jogja tidak akan berdampak pada status pegawai. Sebab, seluruh hak akan dipenuhi agar tidak ada gejolak di tengah internal kampus tersebut. “Kami akan berusaha agar pegawai tidak dirugikan. Saya jamin, tidak ada pegawai yang disuruh keluar. Semua mendapat hak yang sama,” tandas Sari.
Seorang anggota paguyuban PTY Asep Saepudin mengatakan, sampai saat ini belum ada sosialisasi mengenai peralihan status dari PTY menjadi P3K. Menurutnya, PTY hanya memahami statusnya akan menjadi pegawai tetap UPN non PNS. “Informasinya, kami nanti sebatas menjadi pegawai tetap non PNS,” kata Asep melalui telepon selulernya, kemarin (9/10). (mar/jko)