Rapur Penempatan Anggota Alkap lewat Voting

KULONPROGO – Baru saja dilantik, sejumlah anggota dewan sudah mangkir dari tugasnya. Rapat Paripurna (Rapur) DPRD Kabupaten Kulonprogo dengan agenda Penempatan Alat Kelengkapan (alkap) dewan diwarnai ketidakhadiran anggota Fraksi PDIP, Fraksi PKB, dan Fraksi Bersatu, kemarin (8/10).
Berdasarkan daftar hadir, Fraksi PDIP yang tidak hadir sebanyak delapan anggota, Fraksi PKB lima anggota. Serta Fraksi Bersatu dua anggota yakni dari Partai Hanura dan Nasdem. Sehingga rapur yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Ponimin Budi Hartono, SE itu hanya dihadiri 24 anggota dari lima fraksi yang ada.
Kendati demikian, semua peserta rapur menyetujui komposisi keangggotaan alkap yang diajukan melalui voting terbuka. Sementara, itu untuk keanggotaan Badan Kehormatan (BK) ditentukan melalui voting tertutup dengan pemungutan suara.
“Pemungutan suara dilakukan lantaran calon anggota yang diajukan fraksi-fraksi sebanyak tujuh orang. Padahal dalam tata tertib (tatib) sudah ditentukan, bahwa anggota BK hanya lima orang,” terangnya.
Ponimin menjelaskan dari hasil voting tertutup didapat lima anggota dewan yang terpilih menjadi BK. Mereka adalah Budi Utomo Putro dari Fraksi PAN, Sumardi SE dari Fraksi Gerindra, Mujiman asal Fraksi Partai Golkar. Serta Suharmanta, SPd, MM dari Fraksi PKS dan Sugiyanto yang berasal dari Fraksi Bersatu.
“Mereka masing-masing mendapatkan 24 suara. Dengan demikian Arif Syarifudin yang diajukan oleh PDIP dan H Sihabudin dari PKB tidak mendapatkan suara. Rapur ini digelar karena dalam Rakorpim yang dilakukan sebelumnya tidak mencapai kesepakatan,” jelasnya.
Seperti diketahui, dalam rapur sebelumnya draf yang diajukan lima fraksi yakni PAN, Gerindra, Partai Gerindra, PKS dan Fraksi Bersatu tidak disetujui oleh Fraksi PDIP dan PKB. Begitu pula sebaliknya. Namun saat rapur kali ini, justru Fraksi PDIP dan Fraksi PKB yang tidak hadir. Sehingga praktis draf dari lima fraksi yang kemudian disepakati.
Dengan telah disepakatinya komposisi itu maka masing-masing fraksi segera mengajukan nama anggota yang akan mengisi alkap sesuai dengan yang tertera dalam draf. “Nanti malam (kemarin) menggelar rapur lagi untuk mengumumkan keanggotaan alkap. Sehingga alkap segera bisa bekerja sesuai dengan tugasnya,” tandas Ponimin. (tom/ila/jiong)