Terbukti MelanggarUU tentang Lalu Lintas

BANTUL – Pengadilan Negeri (PN) Bantul akhirnya menjatuhkan vonis pidana penjara tiga bulan dan denda Rp 1 juta subsider kurungan penjara satu bulan kepada mantan anggota DPRD Provinsi DIJ Putut Wiryawan kemarin (22/9). Vonis ini jauh lebih ringan daripada tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) yang menuntut pidana penjara delapan bulan. Majelis Hakim yang diketuai Hariyadi dalam nota putusannya menilai bekas Ketua Fraksi Demokrat DPRD Provinsi DIJ tersebut dinilai terbukti melanggar Pasal 310 ayat 2 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Umum.
Saat ditemui usai persidangan, Putut menilai keputusan majelis hakim tidak adil. Seharusnya majelis hakim menjatuhkan vonis pidana dengan percobaan. “Perkara yang terjadi seperti yang saya alami biasanya dihukum pidana dengan percobaan, tapi saya di pidana tiga bulan tanpa percobaan,” ung-kapnya.Dari situ, Putut akan mengajukan banding atas putusan majelis hakim ini. Putut menerangkan, kecelakaan lalu lintas yang melibatkan dirinya dengan pegiat antikorupsi Endang Maryani pada akhir April tahun 2012 lalu murni karena kelalaian. “Bukan hanya karena kelalaian saya. Tapi juga ada kelalaian tukang becak,” tuturnya.
Sebab, kata Putut, saat terjadi kecelakaan becak yang ditumpangi Endang berada di tengah jalan. Padahal kendaraan tak bermotor seperti becak seharusnya berada di pinggir. “Dan ini dibenarkan saksi dari kepolisian,” ungkapnya.Sementara itu, Endang Maryani berpendapat vonis yang dijatuhkan majelis hakim sudah mencerminkan rasa keadilan. Majelis hakim memang tak seharusnya menjatuhkan vonis pidana percobaan. “Jangan pakai percobaan,” tegasnya.
Apalagi, terang Endang, Presiden SBY telah mencanangkan gerakan nasional pelopor tertib berlalu lintas. Sehingga bagi pelanggar lalu lintas patut mendapatkan hukuman yang setimpal. “Saya menghormati kepu-tusan majelis hakim,” bebernya.Sekadar mengingatkan, akhir April 2012 terjadi kecelakaan lalu lintas di Jalan Parangtritis, Druwo, Bangun-harjo, Sewon. Dalam insiden ter sebut, Endang Maryani terpaksa dilarikan ke RS Patmasuri Krapyak, karena becak yang ia tumpangi tertabrak mobil yang dikemudikan Putut Wiryawan. (zam/ila/nn)