PADATNYA jumlah pengunjung Pasar Beringharjo kadang membuat anak-anak yang ikut berbelanja merasa tidak nyaman. Tetapi dengan keberadaan Ruang Sahabat Ibu dan Anak (RSIA), yang berada di kompleks Masjid Muttaqien Pasar Beringharjo, anak-anak tetap bisa bermain sembari menunggu orangtuanya berbelanja. Selain anak pedagang dan pengunjung pasar, terdapat pula masyarakat umum yang sengaja datang ke RSIA tersebut.RSIA yang diresmikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada 14 Juli 2013 lalu ini sekaligus untuk memperkuat predikat Jogja sebagai Kota Layak Anak. Fasilitas RSIA yang disediakan PT Sarihusada bekerjasama dengan Pemkot Jogja dan Takmir Masjid Muttaqien tersebut menempati ruang seluas 3×6 meter persegi di beranda masjid.
Sejak pertama kali dibuka, respon dari masyarakat sangat baik.Terbukti sejak dibuka setahun yang lalu, jumlah pengguna sudah mencapai 1.686 ibu serta lebih dari 1.700 anak yang datang berkunjung. Setiap harinya, rata-rata RSIA ini dikunjungi 15 hingga 20 anak. “RSIA ini merupakan ruangan yang diperuntukkan khusus bagi ibu dan anak yang sedang melakukan aktivitas di ruang public. Untuk beristirahat sejenak sambil bermain, membaca, mengganti popok atau menyusui,” ujar Public Relations Sarihusada Endah Prasetioningsih kemarin (25/7).Endah mengatakan awalnya RSIA ini diperuntukkan bagi pedagang dan pengunjung Pasar Beringharjo saja. Tapi seiring berjalannya waktu ternyata makin banyak masyarakat umum yang juga memanfaatkannya. RSIA ini dapat diakses setiap harinya, mulai pukul 08.00 hingga 16.00.Di sana juga dilengkapi pojok taman bacaan dan ruang bermain. “Sambil menunggu orangtuanya berbelanja, anak-anak bisa bermain di sini,” ujarnya.
Sebenarnya, pihaknya berkeinginan juga untuk melengkapi fasilitas permainan semisal dengan perosotan dan ayunan tetapi karena keterbatasan tempat belum bisa diwujudkan. Endah mengaku, jika Pemkot Jogja bisa memfasilitasi ruang yang lebih luas serta dibangun di berbagai lokasi lainnya, pihaknya siap untuk mewujudkannya. Idealnya paling tidak luas ruangannya sekitar 4×5 meter. “RSIA di Beringharjo ini juga menjadi pelopor,” jelasnya.Dipadatinya Pasar Beringharjo saat lebaran kali ini, membuat keberadaan RSIA diharapkan dapat membantu masyarakat dan pengunjung yang akan berbelanja. Hal itu juga diakui oleh pengunjung Beringharjo asal Tanjung Pinang, Kepulauan Riau Siti yang siang itu bersama anaknya berkunjung ke RSIA. “Sangat membantu, apalagi kalau anak sedang rewel, di sini juga banyak mainannya,” jelas Siti. (*/ila)