BANTUL – Meski DPP partai Demokrat belum memutuskan merapat ke kubu manapun, namun DPC partai Demokrat Bantul ternyata telah mengambil inisiatif sendiri. Mereka menyatakan bergabung dengan koalisi Merah Putih untuk mendukung capres-cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. “Kita juga sudah berulang kali melakukan koordinasi,” terang Ketua Harian Koalisi Merah Putih Bantul Enggar Sujatmiko usai mengikuti acara audiensi Gerakan Setia Nusantara (GSN) dengan Wakil Bupati Bantul Sumarno kemarin (19/6).
Miko, sapaan akrabnya, berharap bergabungnya partai berlambang mercy ini dapat mendongkrak perolehan suara capres nomor urut satu pada coblosan 9 Juli mendatang. Karena itu, selain mempertahankan perolehan suara saat pemilihan legislatif. Seluruh partai politik (parpol) yang tergabung dalam koalisi Merah Putih juga berkomitmen untuk menambahnya. “Ya semoga hasil pileg bisa berbeda dengan pilpres nanti,” harapnya.
Selain mesin parpol, lanjutnya, gerakan dukungan kepada capres-cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa juga akan diluaskan melalui relawan-relawan nonpartisan. Gerakan diluar parpol ini telah menyebar di seluruh kecamatan di Bantul. “Harus turun ke bawah sampai ke masyarakat,” tandasnya. Ketua GSN Bantul Aviani Ratnasari Marlina mengatakan struktur kepengurusan GSN sejauh ini telah terbentuk di seluruh kecamatan di Bantul. Bahkan hingga ke tingkat desa. “Harapannya ke tingkat pedusunan ada tim pemenangan,” ucapnya.
GSN, terang dia, sengaja merapat ke kubu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Alasannya, GSN terinspirasi dari perjuangan pangeran Diponegoro yang melawan penjajah. “Melawan keserakahan dan melawan ketidakadilan,” tuturnya. (zam/ila)