KULONPROGO–Kejuaraan Bulutangkis Djarum Multi Cabang (DMC) Seri III DIJ 2014 mulai dipertandingkan di Gedung Olahraga (GOR) KONI Wates Kulonprogo (18/6). Kejuaraan ini dibuka Kabid Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kulonprogo Sri Kolifah mewakili Wakil Bupati Kulonprogo H Sutedjo. Sutedjo mengatakan, kejuaraan even ini merupakan kesempatan baik untuk membuktikan Kulonprogo cukup kondusif, nyaman dan aman. “Bertanding maksimal dan jaga sportifitas. Kulonprogo memiliki banyak atlet berbakat. Salah satunya Hayom Rumbaka yang juga lahir dari ajang semacam ini,” terangnya.
Ketua Panitia DCM Seri III Kulonprogo Dazil Ambar Was’an menjelaskan, kejuaraan kali ini diikuti 175 atlet se DIJ. Kejuaraan ini digelar bersamaan dengan Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) yang khusus diikuti peserta dari Kulonprogo. “Total ada 214 atlet selama lima hari penyelenggaraaan dan rata-rata sehari 45 pertandingan. Kejuaraan ini menggunakan sistem gugur,” terangnya.
Sekretaris Umum PBSI Kulonprogo Budi Hartono menambahkan, sesuai dengan program kerja Pengurus Daerah (Pengda) serta anggaran dasar dan rumah tangga PBSI DIJ, kejuaran ini bertujuan untuk memantik semangat patriotisme melalui olahraga bulutangkis. Sekaligus menciptakan prestasi juara yang dipersiapkan sejak dini. “Seri I telah sukses digelar di Sleman Maret, seri II juga sukses dihelat di Kota Jogja Mei,” tambahnya.
Ketua Umum KONI Kulonprogo Bambang Gunarto SPd mengapresiasi positif kejuaraan ini. Terlebih lagi, kejuaran ini sangat pas untuk menjaring atlet untuk persiapan Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2015 di Kabupaten Kulonprogo. “Kejuaraan ini menjadi bukti jika PBSI Kulonprogo yang sejauh ini tertib dalam organisasi ternyata juga mempu menunjukkan prestasinya. Harapannya atlet bulutangkis dari Kulonporgo banyak berbicara dan akan menjadi andalan dalam Porda ke 13,” harapnya.
Perwakilan Djarum Foundation Jogjakarta Aryo Sudiantoro menuturkan, Kulonprogo memiliki potensi besar dalam gelaran ajang serupa. Hal itu bisa dilihat dari animo masyarakat yang terlihat cukup antusias menyambur DMC Seri III ini. “Antusiasme itu bahkan sudah nampak sejak sebelum kejuaran ini digelar. Harapannya dari sini akan lahir atlet-atlet hebat yang akan mengharumkan nama DIJ di tingkat nasional atau bahkan internasional. Dan itu sesuai dengan tujuan Djarum Foundation,” tandasnya. (tom/din)