Pelatihan Website bagi Perangkat Desa

RADARJOGJA.CO.ID – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulonprogo menggelar pelatihan pembuatan dan pengelolaan website desa selama dua hari hingga Selasa (14/3). Pelatihan diikuti perangkat dari lima desa dipusatkan di ruang lab komputer Diskominfo Kulonprogo.

Lima perwakilan desa itu, Tayuban (Panjatan), Sidoharjo (Samigaluh), Donomulyo (Nanggulan), Banjarharjo (Kalibawang) dan Sendangsari (Pengasih). Diskominfo menggandeng Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI) Jogja.

Kepala Diskominfo Kulonprogo Agus Santosa mengatakan pelatihan ini penting di tengah era globalisasi. Menuntut penguasaan teknologi dan keterbukaan informasi. Salah satunya dengan pengelolaan website yang sangat penting bagi pemerintah desa.

“Dukungan BPPKI Jogjakarta menjadi semangat kami setahap demi setahap membentuk desa yang ramah teknologi informasi dan memiliki website yang baik,” ujar Agus Santosa.

Hingga saat ini di Kulonprogo baru empat kecamatan yang semua desa-nya mempunyai website, namun jarang di-update. “Awalnya website itu dibuatkan Kominfo yang dahulu dikenal sebagai Bagian TI dan Humas Pemkab Kulonprogo. Empat kecamatan itu Pengasih, Panjatan, Sentolo dan Lendah,” kata Agus Santosa.

Kepala BPPKI Jogjakarta Eka Handayani mengatakan pelatihan website desa ini sangat berguna. Pihaknya berterima kasih kepada Diskominfo Kulonprogo yang terus berupaya menghidupkan website agar bermanfaat bagi masyarakat.

“Melalui website potensi desa bisa diangkat. Transparansi pemerintahan desa juga bisa terakses dengan baik termasuk bisa menampung aspirasi masyarakat dan menyampaikan kondisi lapangan,” kata Eka Handayani. (tom/iwa/ong)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar