Dewan: Keputusan 1987 Sudah Kedaluwarsa

Sementara itu, persoalan tapal batas juga sempat membuat kalangan DPRD Kabupaten Magelang panas. Pimpinan dewan pun angkat bicara dan menilai kemauan Pemkot Magelang kurang etis.

Dasar hukum Pemkot  Magelang untuk meminta wilayah ke Kabupaten Magelang yakni kesepakatan DPRD Kota dan Kabupaten Magelang tahun 1987, dinilai sudah kuno. “Sudah kedaluwarsa karena tidak ada tindak lanjutnya,” jelas Wakil Ketua DPRD Kabupaten Magelang Yogyo Susaptoyono.
Menurut Yogyo, keputusan itu merupakan regulasi lama. Saat ini zaman sudah berubah. Kala aturan itu dibuat pada zaman Orde Baru dan saat ini sudah era reformasi. Kebijakan baru mendasari keputusan lama, dinilai tidak tepat.
“Kesepakatan tahun 1987 hanya bisa digunakan jika ada komunikasi yang baik antarpemerintah. Keputusan apa pun yang nantinya diambil harus bisa mengakomodasi aspirasi dan kebutuhan masyarakat,” tegasnya.
Ia pun mendorong Pemkot dan Pemkab Magelang untuk duduk bersama dan berdiskusi dengan sikap saling menghormati selayaknya seorang pemimpin. Dokumen yang ada tentang batas kota dan kabupaten, dibuka kembali.
“Kalau Pemkot Magelang ingin melayani masyarakat lebih banyak lagi, nanti dibicarakan dengan bupati Magelang,” ujarnya.
Mantan jurnalis imi mengatakan, yang harus diingat untuk mengambil kebijakan saat ini harus mendasari banyak hal. Bukan semata-mata keputusan dewan yang sudah berumur puluhan tahun. “Kemauan masyarakat juga harus diakomodasi,” katanya. (ady/laz/ong) 


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar