Purworejo Smart City Akan Dimaksimalkan Tahun 2018

PURWOREJO-Penerapan konsep Smart City terus didalami oleh Pemerintah Kabupaten Purworejo. Sebagai langkah awal, Pemkab telah memiliki ruang terbuka dengan fasilitas wifi gratis di kompleks Alun-Alun Purworejo.

Tidak hanya di wilayah perkotaan, kawasan desa juga telah terambah dengan kemunculan kampung digital yang ada di Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing. Melibatkan PT Telkom Cabang Purworejo, kegiatan ini mendapat apresiasi dari masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purworejo, Sigit Budi Mulyanto mengatakan Bupati Purworejo Agus Bastian menginginkan smart city bisa berjalan maksimal di tahun 2018. Bahkan secara langsung, Bupati melakukan kunjungan ke Living Lab Smart City Nusantara yang ada di Plaza Telkom Jakarta, pekan lalu.

“Dari paparan yang ada, terungkap jika teknologi informasi dan komunikasi bisa dimanfaatkan dalam pembangunan daerah. Penerapan konsep smart city dimaksudkan agar pemerintah mampu memberikan pelayanan efektif dan berkelanjutan,” kata Sigit, kemarin (19/2).

Ditambahkan, dengan mengutamakan kearifan lokal, penerapan tersebut akan memberikan peningkatan kenyamanan dan keamanan kehidupan masyarakat. ” Smart City adalah sebuah konsep komprehensif, yang menghimpun seluruh solusi-solusi pintar atau smart solutions dan mengutamakan kearifan lokal masing-masing daerah,” imbuh Sigit.

Lebih jauh dikatakan jika kearifan lokal setiap daerah berbeda karena memiliki permasalahan dan budaya yang berbeda. Implementasi solusi yang telah dilakukan wilayah lain tidak bisa serta merta dilaksanakan di Purworejo.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar