Awasi Rekapitulasi  Pilwali Jogja

JOGJA- Forum LSM DIJ mengajak segenap elemen masyarakat di Kota Jogja agar proaktif melakukan pengawasan terhadap proses rekapitulasi suara Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Jogja 2017.

“Awasi dengan optimal untuk menyelamatkan suara rakyat. Pengawasan itu sebagai langkah yang legal,” kata Ketua Forum LSM DIJ Beny Susanto kemarin (19/2).

Rekapitulasi masih berproses. Untuk tingkat KPU Kota Jogja dilaksanakan pada 22-24 Februari. Menurutnya, pengawasan secara optimal akan menghentikan polemik terbuka menyangkut hasil sementara pilwali.

“Jika ada yang keberatan, kumpulkan bukti-bukti, alat, dan keterangan yang sah sebagai bahan sengketa pilwali ke Mahkamah Konstitusi (MK),” sarannya.

Kembali tentang pengawasan, Beny mengingatkan harus dijalankan sesuai ketentuan perundang-undangan. Hal itu terutama menyangkut perhitungan ulang dan pembukaan kotak suara.

Dia berharap, pilwali tidak hanya menjadi proses elektoral lima tahunan dan pesta demokrasi semata. Lebih penting dari itu adalah proses demokratisasi, penguatan kewargaan, kebangsaan,  dan keindonesiaan.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar