Bom Magelang Tak Ada Unsur Terorisme, Hanya Perbuatan Tidak Menyenangkan

RADARJOGJA.CO.IDPolres Magelang akhirnya memastikan hanya menjerat HF, 45 tahun warga Dusun Krajan Tegalrejo dengan Pasal 335 KUHP tentang Perbuatan Tidak Menyenangkan. Pria yang semula terduga pelaku teror dengan benda mirip bom ini tidak dijerat dengan UU Terorisme. Karena berdasarkan pendalaman materi pemeriksaan, tidak dipenuhi unsur terorisme.

“Dijerat dengan UU teroris tidak memenuhi unsur bom. Kita mengarahkannya dengan Pasal 335 KUHP,” kata Wakapolres Magelang Kompol Heru Budiharto.

Menurut Heru, penyidik tidak menemui unsur-unsur dalam bom. Yakni adanya bahan peledak, switching, bahan pelontar dan detonator.

“Dari empat unsur itu, satu pun tidak terpenuhi. Mulai unsur bahan peledak hingga detonator. Yang tadinya (dikira) black powder ternyata hanya bubuk arang,” ungkapnya.

Berdasarkan penelusuran koran ini, bunyi Pasal 335 KUHP ayat 1 “Barangsiapa secara melawan hukum memaksa orang lain supaya melakukan atau membiarkan sesuatu, dengan memakai kekerasan, sesuatu perbuatan lain maupun perlakuan yang tak menyenangkan, atau dengan memakai ancaman kekerasan, sesuatu perbuatan lain maupun perlakuan yang tak menyenangkan, baik terhadap orang itu sendiri atau orang lain”. Dengan tindak pidana itu, pelaku diancam dengan pidana penjara paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp 300 ribu.

“Proses kasus ini masih berjalan,” tuturnya.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar