Purworejo Ada 18.000 Lubang Jalan, Baru Ditangani 8.000

PURWOREJO – Kerusakan jalan yang banyak terjadi tempat di Jawa Tengah menjadi perhatian Gubernur Ganjar Pranowo. Belakangan muncul istilah “jeglongan sewu” untuk menggambarkan betapa parahnya kerusakan yang ada.
Hal ini menjadi tema pembahasan utama Gubernur Ganjar Pranowo saat kunjungan kerja ke berbagai tempat di Kabupaten Purworejo, kemarin (21/2). Meskipun bukan seluruhnya menjadi kewenangannya, keluhan lebih sering menyasar ke gubernur.
“Masyarakat tahunya ya gubernur, laporannya ya ke gubernur. Mereka tidak peduli dengan status jalan yang ada,” kata Ganjar saat berada di Ponpes Al-Iman Bulus, Kecamatan Gebang.
Geregetan dengan banyaknya keluhan yang masuk itu, Ganjar mengaku jika dirinya sudah turun langsung ke titik-titik yang sering dikeluhkan masyarakat. Diakuinya, jika banyak jalan yang membutuhkan penanganan segera. “Kalau dihitung banyaknya lubang jalan yang ada, ya sekitar 18 ribuan. Dan sudah dilakukan penanganan,” katanya.
Belum seluruhnya ditutup kembali bagi jalan yang berlubang, karena baru sekitar 8.000 lubang yang ditambal. Sisanya sekitar 10.000 lubang belum sempat mendapatkan perawatan.
“Kalau ditanyakan kapan semua jalan berlubang itu akan diatasi semua. Dari pemerintah pusat menjanjikan semuanya akan beres di akhir bulan ini,” tambahnya.
Dikatakan, semua kabupaten/kota dan Provinsi Jateng memiliki tekad untuk memelihara jalan masing-masing. Diharapkan hal serupa juga dilakukan pemerintah pusat. Apalagi dengan program “Jawa Tengah Tanpa Lubang” merupakan tekad yang harus didukung dan diwujudkan bersama.
“Tekad itu sebenarnya sudah bias, tapi pelaksanaannya tidak serius. Kami menemukan ada petugas pengaman jalan yang melakukan tugasnya dengan baik dan mencatat semua kerusakan yang ditemui. Kemudian dilaporkan kepada koordinatornya,” ungkap Ganjar.
Kemandegan terjadi di tingkat koordinator, di mana kerusakan yang tercatat baru sebatas direncanakan dan tidak langsung dieksekusi. Padahal jika langsung ditangani, prosesnya tidak akan berjalan lama.
“Terus terang masalah jalan menjadi perhatian saya. Karena saya yakin pembangunan akan berhasil kalau jalannya bagus, masyarakat akan bisa kuat,” tegas gubernur. (udi/laz/ong)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar