Diprotes, 13 Kandang Ayam Ilegal di Sekitar Objek Wisata

BANTUL – Problem di wilayah Pantai Parangtritis seolah tak pernah habis. Belum selesai penertiban penghuni ilegal di kios Pantai Parangtritis Baru, warga kembali disibukkan dengan keberadaan 13 kandang ayam potong. Selain ilegal, kandang ayam yang berdiri di Dusun Grogol IX, Parangtritis, Kretek, ini dapat mengganggu kenyamanan wisatawan.

Kasat Pol PP Bantul Hermawan Setiaji saat dikonfimasi membenarkannya. Bahkan, Bupati Bantul Suharsono telah mengintruksikan Satpol PP untuk menertibkan.  “Kami cek dulu sebelum penertiban,” jelas Hermawan (19/2).

Pengecekan bertujuan untuk memastikan status tanahnya. Apakah status tanah yang dimanfaatkan peternak ini merupakan milik perseorangan atau masuk dalam kategori hak pengelolaan lahan (HPL) pemkab.

Menurut Hermawan, Satpol PP bakal meminta peternak memindah atau merobohkan kandang bila memang berdiri di atas tanah HPL pemkab. Bila memang di atas tanah pribadi, Satpol PP tetap meminta peternak mematuhi aturan yang berlaku. Seperti mengantongi izin gangguan serta mengindahkan tata ruang. “Karena semuanya ilegal,” tegasnya.

Belasan bangunan kandang ayam ini ditengarai berdiri cukup lama. Hanya baru diketahui belakangan ini. Menyusul pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). Sebab, lokasi kandang ayam ini jauh dari jalan raya.

Terpisah, Kepala Desa Parangtritis Topo enggan berkomentar. Dia berdalih tidak mengetahuinya lantaran tidak ada warga yang melapor. “Aku ora ngerti,” kelitnya. (zam/laz/ong)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar