Kesempatan Kerja bagi Penyandang Disabilitas

SLEMAN – Dirjen Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial Marzuki mendorong pemerintah daerah dan pengusaha swasta memeratakan peluang kerja. Dalam hal ini kesempatan bagi penyandang disabilitas di Sleman. Ini berkaitan dengan kesejahteraan hidup bagi seluruh elemen masyarakat.

Marzuki menjelaskan komitmen ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Disabilitas. Isinya, badan usaha swasta diharapkan bisa memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas. Minimal jatah dua persen untuk mengisi posisi pekerja diperusahaan.

“Komitmen ini tentu harus diwujudkan tanpa pandang bulu. Memang belum semua yang berjalan, maka pemda dan pemkab harus mengawal,” tegasnya.

Marzuki menuturkan pemenuhan kesempatan kerja bagian dari hak dasar. Ia meyakini kaum disabilitas memiliki kemampuan dan peluang yang sama. Terlebih dengan adanya lembaga yang fokus pada pelatihan kerja disabilitas.

Kesempatan ini perlu diperkuat dengan seminar dunia usaha. Khususnya bagi disabilitas untuk mengenal dunia kerja. Mulai dari tantangan dan peluang, termasuk membuka usaha secara mandiri.

Ketua Umum Corporate Sosial Responbility (CSR) Kesejahteraan Sosial (Kesos) GKR Mangkubumi berharap badan usaha swasta membuka peluang yang sama. Sebelumnya pemenuhan hak akses harus terpenuhi. Mulai dari kebutuhan dasar hingga fasilitas publik.

Dirinya mengungkapkan pemenuhan hak disabilitas menjadi kewajiban semua elemen. Pemerintah sebagai pembuat kebijakan, masyarakat wajib mengawasi. Badan usaha swasta juga turun tangan dengan bantuan sosial. (dwi/laz/ong)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar