Bulan Januari Sudah Digaji Pemprov

RADARJOGJA.CO.ID – JOGJA – Sebanyak 282 orang yang terdiri atas kepala sekolah SMA dan SMK, SLB dan kepala subbagian tata usaha sekolah di lingkungan Pemprov DIJ dilantik dan diberikan SK oleh gubernur kemarin (3/1). Pelantikan sebagai konsekuensi dari pengalihan wewenang pengelolaan SMA/SMK dari kabupaten dan kota ke pemprov. Dengan begitu, per bulan Januari 2017 ini mereka mulai mendapat gaji dari Pemprov DIJ.

Adanya pengalihan wewenang pengelolaan SMA/SMK dari kabupaten dan kota ke pemprov, maka Pemprov DIJ kini harus menanggung 6.000 PNS yang terdiri atas 5.000 tenaga pendidik dan 1.000 tenaga TU, serta 3.000 honorer. Tahun 2017 anggaran Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIJ meningkat dari Rp 600 miliar menjadi Rp 1,2 triliun.

“Karena gaji kan banyak,” ujar Kepala Disdikpora DIJ Kadarmanta Baskara Aji usai pelantikan pengambilan sumpah dan pelantikan kepala sekolah dan kabag TU di Bangsal Wiyotoprojo, Kompleks Kepatihan, kemarin (3/1).

Dikatakan, saat dialihtugaskan ke Pemprov DIJ untuk kepala sekolah berstatus sebagai guru dan kabag TU sebagai pelaksana sekolah. Kemudian diberikan SK Gubernur DIJ sesuai jabatannya yakni kepala sekolah dan kabag TU.

Terkait alokasi anggaran, khusus SMA dan SMK di Kota Jogja, kemungkinan akan ada penurunan anggaran. Sedangkan di kabupaten rata-rata meningkat. “Tentu ini harus segera dilakukan penyesuaian APBS-nya, karena pendapatan dari APBD berkurang, maka harus segera dilakukan penyesuaian. Begitu juga yang di kabupaten,” ujarnya.

Mewakili Gubernur HB X, Asisten Adminstrasi Umum Sekprov DIJ Kristiana Swasti mengatakan, jabatan kepala sekolah bukanlah sebuah tujuan utama yang harus dicapai seorang guru. Namun kepala sekolah merupakan guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah.

“Jadikanlah tugas yang baru ini menjadi sebuah amanah agar dalam melaksanakan tugas sehari-hari dapat dilakukan dengan ikhlas dan tanggung jawab, sehingga memperoleh hasil pendidikan yang bermutu,” ujarnya. (dya/laz/ong)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar