Andrew Darwis Awali Bisnis Startup dengan Serius
Siapa yang tak tahu Kaskus? Situs komunitas di dunia maya yang digandrungi anak muda Indonesia. Kaskus awalnya didirikan oleh Andrew Darwis dan Ken Dean Lawadinata karena rasa rindu mereka terhadap Indonesia ketika keduanya merantau ke Amerika Serikat. Kini, kisahnya pun diangkat dalam layar lebar.

KASKUS sebagai bisnis digital yang diawali dari nol sendiri mengalami dinamika yang besar. Berawal dari penggunaan sebatas pertemanan hingga menjadi segmen yang sangat luas. Pendiri Kaskus Andrew Darwis menjelaskan, berdirinya Kaskus sendiri berawal dari kerinduan pada Indonesia.

Kala itu Kaskus didirikan untuk memantau keadaan di Indonesia. Maklum saja, karena Andrew dan Ken Dean Lawadinata sedang menimba ilmu di Seattle, Amerika Serikat. Tidak memiliki kemampuan sebagai jurnalis, Kaskus akhirnya mengandalkan user-nya sebagai penyampai berita di tanah air.

”Jadi memang memancing keaktifan dari user Kaskus itu sendiri. Kami hanya mewadahi mereka dengan Kaskus. User yang aktif mengunggah informasi, sementara kami menjaga agar server tetap standby selama 24 jam,” jelasnya.

Andrew menilai, bisnis startup di Indonesia merupakan potensi yang besar. Namun, perlu konsistensi dari pendiri untuk mempertahankan startup yang dibangunnya. Selain itu, dia juga berharap agar pemerintah ikut andil dalam bisnis rintisan digital.

Menurutnya, membangun startup tidaklah mudah. Terlebih saat ini pengguna internet sangatlah dinamis. Banyaknya aplikasi dan media sosial sangat memungkinkan untuk berpindah. Sehingga setiap pemilik startup harus kreatif dan aktif melihat dinamika ini.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar