Kurangi Pembuangan Sampah ke TPA Jabon

Upaya pengurangan sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Kecamatan Jabon terus dilakukan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Sidoarjo.

Setelah membangun tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) di Jalan Lingkar Timur, tahun ini DKP membangun enam TPST kawasan.

Kepala DKP Sidoarjo Bahrul Amig mengatakan, enam TPST kawasan itu dibangun di enam Kecamatan. Yaitu, Desa Sedatigede, Kecamatan Sedati; Desa Tambakrejo, Waru; Kelurahan  Taman, Taman; Desa Barengkrajan, Krian; Desa Tulangan, Tulangan; dan Desa Candipari, Porong.

Saat ini pihak DKP masih melakukan persiapan pembangunan. Rencananya, pembangunan enam TPST tersebut dilakukan pada Mei hingga Juni mendatang.

“Kita optimalkan agar layanan pengelolaan sampah bisa lebih maksimal,” katanya seperti yang dilansir Radar Sidoarjo, Sabtu (23/4).

Menurut dia, sejak adanya TPST di Lingkar Timur, pembuangan sampah di TPA Jabon berkurang hingga 10 persen. Dengan adanya enam TPST baru, Amig menargetkan pembuangan sampah di TPA Jabon bisa berkurang hingga 50 persen.

Sebelumnya, setiap hari ada 1.400 meter kubik sampah yang dibuang ke TPA Jabon. Sejak ada TPST di Lingkar Timur, mulai berkurang hingga 1.220 meter kubik sampah yang dibuang. (nis/rek)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar